Berita

Indonesian Culture Day
Berita Sekolah

Indonesian Culture Day

Pada hari Kamis, 22 April 2021, guru dan siswa SDK Plus PENABUR Cirebon mengikuti acara Indonesian Culture Day. Acara yang bertema “I am Indonesia” merupakan kegiatan baru yang diselenggarakan oleh SDK Plus PENABUR Cirebon dalam rangka memperingati hari Kartini. Seluruh siswa diajak untuk mengenal berbagai macam kebudayaan Indonesia. Tidak hanya guru saja yang berpartisipasi dalam acara ini. Siswa pun ikut berpatisipasi. Siswa mempresentasikan kebudayaan Indonesia dengan konsep yang berbeda-beda dari setiap kelasnya. Presentasi dilakukan secara individu ataupun berkelompok. Kegiatan presentasi diharapkan mampu meningkatkan tingkat percaya diri dan kecakapan siswa dalam berbicara di depan umum. Acara semakin menarik karena Indonesian Culture Day memiliki dresscode pakaian adat atau batik.

 

 Acara dibuka dengan penampilan peragaan baju daerah dari Padang, Jawa, Batak, Ambon, Sumba, Dayak, dan Cirebon oleh beberapa guru. Setelah itu, guru dan siswa menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini ciptaan W.R Supratman. Pada pukul 08.20 WIB, siswa-siswi masuk ke kelas masing-masing. Mereka presentasi kebudayaan Indonesia disaksikan oleh wali kelas, orangtua, dan teman sekelas. Setelah presentasi, siswa-siswi dan guru kembali lagi pada acara utama. Di sana, mereka diajak untuk virtual tour Museum Kartini Jepara atas kerjasama dengan Penerbit Airlangga. Siswa-siswi sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Beberapa siswa mengajukan pertanyaan karena mereka tertarik dengan sosok Kartini. Tidak hanya itu, acara Indonesian Culture Day juga dimeriahkan oleh berbagai macam penampilan dari setiap kelas, ekskul dance, penampilan guru, dan dongeng dari daerah Padang yang dibawakan oleh Ms. Lia.  Penampilan kelas terdiri dari tari Maumere, menyanyi lagu Tokecang, menari medley lagu daerah, dan Greetings dari berbagai bahasa daerah. Guru menampilkan cover lagu daerah seperti lagu Cik-Cik Periuk (Kalimantan Barat), Warung Pojok (Cirebon), Rek Ayo Rek (Jawa Timur), Mejangeran (Bali), Sigulempong (Batak), dan Yamko Rambe Yamko (Papua).  

 

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang berbagai macam perlombaan seperti Best Student Costume, Best Teacher Costume, menyanyi lagu “Ibu Kita Kartini”, dan memainkan alat musik lagu daerah. Acara Indonesian Culture Day diharapkan mampu mengenalkan berbagai macam budaya dan daerah Indonesia kepada siswa. Partisipasi siswa adalah bukti tersirat bahwa siswa ikut mengambil bagian untuk mau mempelajari budaya tersebut. Dengan mempelajari budaya, kecintaan dan rasa bangga siswa terhadap budaya Indonesia semakin bertambah. Mari, semakin mencintai dan bangga terhadap kekayaan budaya Indonesia! I love Indonesia!

Berita Lainnya

Welcome to New Academic Year 2020-2021

Welcome to New Academic Year 2020-2021

Usually starting the new academic year all of the students around the...

Welcoming New Normal in Academic Year 2020-2021 Reflection taken from Proverbs 1:7

Welcoming New Normal in Academic Year 2020-2021 Reflection taken from Proverbs 1:7

“The fear of the Lord is the beginning of knowledge; but fools...

Info Terbaru

Hubungi Kami

SDK Plus Penabur Cirebon

Statistik Kunjungan

Pengunjung Online:1
Hits Hari Ini:53
Total Hits:12832
Pengunjung Hari Ini:8
Total Pengunjung:6850

Jajak Pendapat

 Sangat menarik
 Menarik
 Cukup
 Jelek

Hasil Poling »

Video